Selasa, 21 Juli 2015

5 Things I Want to Dismiss



Selain jadi orang yang nyebelin, gue sadar gue punya banyak sifat jelek yang bikin gue gregetan sendiri. I mean kenapa gue harus kayak gitu? Jadi orang yang nyebelin aja beban buat gue. Masalahnya gue nggak tau gimana caranya supaya gue jadi orang yang nggak nyebelin. Gue bingung sendiri, yang pada akhirnya saking nggak tau mau gimana, gue semacem… yaudahlah gue nyebelin nggak papa yang penting gue care dan nggak pelit. Gitu aja dulu. Untuk sementara, sifat nyebelin gue pertahankan.
Tapi ada beberapa hal yang bener-bener pengin gue ilangin. Ini bukan karena gue harus ngilangin sifat itu atas dasar permintaan orang lain tapi PURE gue sendiri yang udah muak sama sifat semacem itu. Adalah gue sadar, kalo sifat jelek yang gue punya itu imbasnya ke diri gue sendiri, bukan ke orang lain.

1.       Pengecut
Asli gue benci banget sama diri gue yang pengecut. Elah kenapa gue harus se-pengecut itu? Gue pengecut karena gue mikirin resikonya dulu ketika gue akan melakukan sesuatu. Endingnya, karena takut sama resiko yang belum tentu terjadi, gue discourage duluan. Sifat pengecut gue langsung muncul dan asli, gue nggak tahan tapi gue nggak tau gimana cara ngilanginnya. Karena kalo gue melakukan sesuatu tanpa pemikiran matang, yang gue takutkan adalah gue kurang siap dalam menghandle sesuatu dan kalo udah gitu, orang bakal ngejudge gue nggak niat. Well, gue emang nggak terlalu peduli sama kata orang, tapi kalo dibilang nggak niat untuk sesuatu hal yang passionate bagi gue, gue akan sakit hati.
2.       Pendendam
Gue paham kenapa orang yang bisa memaafkan kesalahan orang lain pahalanya lebih besar dari yang meminta maaf. Itu karena orang tersebut jiwanya besar, udah disakitin tapi gampang memaafkan kesalahan orang. Gue nggak bisa begitu. Bisa dibilang, gue termasuk dendam ketika ada orang yang berhasil bikin gue sakit hati atau terjatuh. Emang sih dendam gue nggak yang ‘orang itu harus menderita, orang itu harus lebih sakit hati di banding gue dan semacemnya.’ Dendam gue itu lebih ke ‘gue harus bikin tuh orang malu sampe nggak punya muka kalo ketemu gue. Walopun dia punya segalanya, tapi dia bener-bener mukanya abstrak ketika berhadapan sama gue’. Yang gitu-gitu sih. Gue selalu pengin orang yang nyakitin gue malu semalu-malunya sama dirinya sendiri. Sebenernya gue nggak pengin begitu, tapi gue belum tau gimana caranya supaya gue jadi orang yang berjiwa besar dan gampang maafin kesalahan orang lain. Gue masih dendaman soalnya.
3.       Temperamen
Biarpun gue mencoba terlihat innocent, bego dan poker face, bukan berarti gue nggak punya emosi. Salut gue sama orang yang sabar, bisa kontrol emosinya dan tetap berpikir jernih. Gue nggak bisa kayak gitu. Gue anaknya nggak sabaran, bawaannya pengin nonjok dan kesel aja. Kadang gue bisa nggak emosian tapi nggak jarang juga emosi gue meledak. Gue jarang marah tapi gue bisa bikin engsel pintu copot kalo gue marah. Beberapa orang bilang kalo gue marah nyeremin bukan karena muka gue berubah jadi gangster tapi justru karena gue marahnya sambil senyum. Psikopat banget. Padahal gue nggak suka punya image psikopat, emang gue artis Indonesia yang dimana-dimana ditanya mau peran apa, jawabannya sama psikopat semua. Mungkin gue perlu ambil kelas tinju kalo mau menekan sifat gue yang temperamental ini.
4.       Ceroboh
Adalah gue suka kesel sama diri sendiri ketika sifat ini muncul. Kalo marah sama orang enak, bisa meluapkan mentah-mentah ke orangnya. Tapi kalo marah sama diri sendiri? Gue sering kayak gini. Hanya karena gue teledor sama satu dua hal, gue keselnya nyampe leher. Nggak bisa nyalahin siapa-siapa adalah hal yang paling nyakitin. Nggak ada yang bisa bantu kecuali diri sendiri. Repot kan? Intinya, gue harus extra hati-hati sekarang mah. Bukan berarti ketika gue nekat, gue jadi ceroboh juga. Kan endingnya nggak asik.
5.       Apatis
Sebenernya nggak pengin gue ilangin banget, tapi kadang gue keterlaluan kurang ajarnya. Gue tipikal yang males ngurusin urusan orang tapi gue juga merasa bersalah ketika orang lain ada masalah, gue nggak bisa bantu. Apalagi kalo orang itu sahabat atau minimal deketlah sama gue. Gue takut aja sebenernya ketika gue menunjukan gue ingin care, dikira mau ikut campur, gue apatis dikira lupa sama temen. Serba salah. Percaya atau nggak, sebenernya gue nggak se-apatis itu, gue cuman nggak mau sifat nomer 4 tadi keluar, endingnya jadi nggak asik kalo gue langsung peduli sama masalah orang. Gue belum bijak juga sih orangnya, masih banyak, banyak banget hal yang harus gue pelajari.
Gue sadar, selain kelima sifat tadi masih banyak hal yang perlu gue ubah atau hilangkan. Tapi gue hanya berpikir dari sudut pandang berbeda kenapa sifat jelek gue yang lain belum mau di dismiss juga. Itu karena gue yakin, ada kalanya gue butuh sifat-sifat jelek itu dalam menghadapi orang. Tapi seriusan, dibalik apapun itu, gue pengin ngilangin sifat-sifat tadi. Gimanapun juga, gue pengin meng-upgrade diri gue jadi pribadi yang lebih baik. Walopun gue tau, semua itu bakalan nggak gampang. Yah namanya juga usaha…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar