Kamis, 02 Juli 2015

BTS “DOPE” (Bangtan Sonyeondan “Jjoro”)



Kenapa ya banyak hal yang lebih ngertiin kita di banding orang-orang di sekitar kita? Mungkin gue aja sih yang ngalamin. Gue merasa orang-orang disekitar gue nggak pernah ngertiin gimana gue. Bisa jadi karena gue emang susah dimengerti tapi bisa jadi juga karena mereka nggak peduli. Perlu gue sebutkan lagi bahwa selama ini gue tinggal di lingkungan yang nggak mengerti gue.
Terus gimana bisa gue bertahan di tengah lingkungan yang nggak ngertiin gue itu? Gue cari pelampiasan lain. Gue nggak dapet pengertian dari hal-hal nyata di sekitar gue, tapi ternyata gue mendapatkan pengertian dari hal lain. Hal yang mungkin nggak besar, tapi sangat mempengaruhi gue, karena hal itu sangat mengerti keadaan gue. Bisa jadi juga karena emang gue-nya aja baper. Tapi apapun itu, gue hanya bisa tersenyum puas, karena akhirnya ada yang bisa mengerti gue. Perasaan gue terwakilkan.
Adalah Bangtan Sonyeondan a.k.a BTS, boyband yang dibentuk Big Hit Entertainment 2013 lalu yang berhasil membuat gue gemeteran karena lagu-lagu mereka. Bisa disimpulkan kalo lagu-lagunya bocah Bangtan ini isinya tentang anti-sekolah dan apalah itu dan… sangat mewakilkan gue banget. Liriknya nggak nanggung-nanggung bikin baper, bikin gue yang “Nah iya bener, gue juga ngerasain itu” bikin gue nyesel kenapa gue harus berada di linkungan sekolah yang nggak gue banget. Pokoknya bisa disimpulkan kalo Bangtan Sonyeondan = GUE.

Gue ngikutin bocah-bocah Bangtan dari awal, ya nggak ngikutin banget emang tapi lumayan lah. Kalo yang ngikutin banget kan ARMY. Since gue bukan ARMY, ya gue mah yang penting update BTS comeback apa nggak atau lagunya bagus apa nggak (meskipun pada akhirnya emang lagu-lagunya bagus dan bikin gue gregetan selalu), gitu aja. Walopun gue bukan ARMY (gue bukan siapa-siapa juga sih sebenernya) gue mengakui kalo BTS emang bagus. Nggak banyak lagu hip hop yang bikin hati gue terasa tersayat-sayat tapi BTS bisa bikin lagu seperti itu.
Sebutlah No More Dream, We’re Bulletproof, N.O dan title track dari album-album itu yang bau anti-sekolahnya cukup menyengat. Mereka bikin lirik yang sangat terang-terangan seperti, “Apalah artinya ranking 1,” atau “Pekerjaan ideal adalah pegawai pemerintah,” lalu gue hanya bisa diem dan bersorak dalam hati. Sedalem itu liriknya. Tapi mereka juga bisa bikin lagu seperti “Boy in Luv”, lagu cinta yang nggak cinta-cintaan banget tapi bikin gue gregetan. Mereka nggak gampang masukin kata ‘sarang’ di lagu tapi justru itu feel-nya masuk. Yang gue salut, lagu cinta mereka itu versi anak sekolah, ya macem ABG yang jatuh cinta, liriknya nggak berat tapi bagus. Cinta disamaain sama PR, unik aja.
Mulai masuk I Need You si BTS ini udah mulai tumbuh, lagu cintanya mulai dewasa, lebih bikin baper. Apalagi I Need You termasuk genre yang terlalu ballad untuk style hip hop. Tapi keren, seriusan. Mungkin bocah-bocah Bangtan ini mau menyampaikan pesan bahwa dibalik penampilan mereka yang hip hop, mereka juga punya hati yang ballad. Muka monster aja hatinya bisa baper, begitulah kira-kira.
And now, BTS menabrak I Need You dengan “Dope”. Karena BTS udah tumbuh, mereka otomatis udah nggak sekolah lagi, mereka udah masuk dunia kerja. Nggak cuma sekolah aja yang anti, tapi dunia kerja juga ternyata nggak se-asyik itu. Mereka bisa dibilang muak. Makanya mereka bikin “Dope”.
Konsep MV-nya kreatif, sesuai sama tema lagunya. Disini anak-anak Bangtan berperan mewakilkan berbagai profesi walaupun beberapa member ada yang nggak matching sama image mereka (di mata gue aja mungkin). Anehnya, ketika mereka pake kostum itu, mereka seperti nyindir kalo profesi yang mereka perankan adalah profesi yang memuakkan. Sadar atau nggak, profesi-profesi itu adalah profesi favorit yang dijawab anak kecil kalo mereka ditanya gedenya mau jadi apa. Iya gak sih? Kayaknya sih gitu. Atau nggak yah? Kita liat dulu aja deh.
-          Jin sebagai Dokter
Setiap anak kecil kalo ditanya sudah gede mau jadi apa pasti delapan puluh persen jawab dokter. Walopun pada akhirnya mereka nggak bener-bener pengin jadi dokter. Tapi kenapa dokter? Entah kapan, dokter udah jadi profesi yang prestigious dan sangat diinginkan. Pokoknya kalo lo jadi dokter, separo masalah hidup lo selese deh. Dari jaman kapan, orang tua juga udah ngasih doktrin kalo profesi dokter itu keren dan nggak ada yang bisa ngalahin kekerenan profesi ini.
Tapi anak Bangtan beda. Dokter itu memuakkan. Gini aja, lo punya duit banyak (banget), tapi hari-hari lo bau obat. Ketemunya sama orang penyakitan mulu. Tugas mulia sih jadi dokter tapi nggak bisa dipungkiri kalo dokter juga profesi yang bikin jenuh. Ruangan segitu-gitu aja, dikelilingi tembok putih (kecuali kalo dokter anak biasanya ruangannya warna warni tapi ya tetep aja kanan kiri ketemu tembok), belum lagi kalo jam kerja udah selese tiba-tiba ada yang nelfon dari UGD, balik lagi deh, cuci tangan lagi, pake jubah lagi. Intinya profesi favorit kayak gini bukan gaya anak Bangtan deh.
Tapi anyway, Jin masyaalloh ganteng banget ditempel jubah dokter dan stetoskop begitu. Mungkin karena badan dia dari sononya bagus dengan pundak lebar selebar mattrass senam yang membuat siapapun yang melihatnya pengin nyender jadi mau dipakein apa aja selalu oke. Jangankan suit atau casual outfit, handuk melilit di pinggang aja masih keliatan bagus di badan dia. Pas banget Jin memerankan dokter dan bikin pasien cewe-cewe bukannya sembuh malah jantungan. Saking klepek-klepeknya disenyumin dokter satu ini. Nggak segitunya juga sih, guenya aja yang alay.
-          Suga sebagai Orang Militer (Pilot pesawat tempur)
Let’s say Suga adalah Angkatan Udara atau Force. Since di MV-nya ada banyak yang terbang-terbang kita anggap aja dia pilot pesawat tempur. Pilot juga termasuk profesi yang cita-cita-able (ini apa sih?), maksudnya Pilot emang salah satu profesi yang dicita-citakan banyak anak. Gue aja dulu pengin jadi pilot gegara kebanyakan nonton Power Rangers sama Ultraman. Nggak semua orang bisa jadi pilot emang dan pastinya orang tua manapun bakalan bangga anaknya berprofesi sebagai pilot. Dengan punya profesi pilot, lo bisa terbang kemana aja, berada di ketinggian ribuan kaki, nggak nginjek tanah macem kuntilanak, nembus awan, dan pake baju dengan banyak tempelan. Keren banget, diliat aja mata orang bisa silau.
Tapi Pilot nggak sekeren itu di mata bocah Bangtan. Karena nggak nginjek tanah itu pilot nggak bisa ngopi-ngopi santai. Tiap hari latihan juga itu-itu aja. Well since gue bukan pilot gue nggak ngerti rutinitas pilot tapi yang gue tau, pilot juga jarang pulang ke rumah. Muaklah kalo lebaran nggak pernah pulang. Udah packing mau mudik, tiba-tiba ada rudal kan nggak jadi. Orang biasa diluaran sana bisa enak baca koran sedangkan pilot lagi was-was takut dikeroyok musuh.
Suga sebenernya cocok dipakein seragam pilot tapi entah kenapa gue ngeliatnya kayak kegedean gitu. Pas ngedance banyak banget space yang nggak fit badan. Tuh anak punya badan yang kurus, kakinya aja kecil banget untuk ukuran cowok. Tapi terserah, yang penting rap-nya Suga echoing.
-          J-Hope sebagai Race Car Driver
Saat nonton Initial D, gue juga sempet pengin jadi pembalap. Asyik aja kayaknya ngebut di jalan dengan muka lempeng sambil sekalian nganterin tahu ke agen. Apalagi anak cowok, selain keren karena adrenaline terpacu, jadi pembalap juga dikerumunin cewek-cewek cakep, seksi lagi. Cowok mana yang nggak terlihat keren kalo bisa ngebut dengan kendaraan mulus plus bisa gandeng cewek dengan postur sempurna? Kesimpulannya: Mau terlihat keren? Jadilah pembalap.
Tapi bukan buat anak Bangtan. Emang sih kalo sukses, pembalap juga bisa ngeluarin duit dari ketombenya atau dengan kata lain bisa kaya banget. Sebenernya pembalap bukan tipikal kerjaan yang memuakkan sih tapi jadi muak ketika musim tanding, circuitnya itu lagi, itu lagi. Lawannya itu-itu juga. Pake baju lebih berat dari baju perang. Muak aja ketika kalah, badan udah lecet dihujat banyak orang dan lawan tanding ngajakin berantem. Rusuh dah. Ya itu versi paling jeleknya sih. Yang gue tau. Atau nggak gini, kehidupan pembalap let’s say oke-oke aja tapi ada tekanan dari luar. Pembalap lebih sering didefinisikan sebagai profesi yang nggak ada gunanya terutama sama orang tua. “Apaan kebut-kebutan? Mainan nyawa?” dan berbagai komentar yang intinya nggak respek sama profesi ini. Komentar itulah yang bikin muak. Agak mirip idol sebenernya. Tapi ya udahlah.
Anyway kalo diliat-liat, Junghoseok ini punya badan yang bagus dipakein seragam pembalap. Dia cukup atletis untuk ditempelin baju begituan. Nggak kayak Suga yang apa-apa terlihat longgar, outfit J-Hope terlihat lebih bersahabat dan gayanya asyik. Ya udah bagus sih gue sampe speechless. Nge-dance-nya asik juga sialan.
-          Rap Monster sebagai General
Ada beberapa artikel yang bilang kalo Rap Mon ini Lift man, tapi gue liat di MV-nya, bajunya terlalu wah untuk jadi lift man. Kalo Jendral juga kurang atribut, nggak rame kayak bajunya Suga. Whatever, kesimpulan gue Rap Mon tetep Jendral. Di awal aja sebutlah topi (gue nggak tau atribut begituan) yang dipake Rap Mon udah stand out untuk dapet title Jendral.  Nah, anak-anak juga sering menyebut Jendral sebagai profesi yang mereka cita-citakan. Kapan lagi teriak perintah ini itu tanpa ada yang mendebat, silahkan tembak sana sini, ganti posisi, bikin strategi dan pastinya Jendral tuh kaya. Jendral juga profesi yang prestigious dan disegani hampir semua kalangan.
Tapi yang bikin muak adalah ketika Jendral gagal memimpin. Atau ketika dia bikin strategi tapi bukannya di dukung malahan di cari-cari kekurangannya. Jendral juga posisi yang gampang disalahkan. Orang mana tau kalo Jendral itu nggak sekedar memimpin tapi tanggung jawabnya besar. Jangankan nyawanya sendiri, nyawa anak orang, nyawa satu Negara ada di pundak dia. Intinya profesi ini bikin muak karena tanggung jawabnya nggak main-main. Mungkin sih, apalah gue nggak tau menahu tentang Jendral.
Masalah penampilan, Rap Mon cocok banget dijadiin Jendral. Secara dia leader juga di Bangtan. Leader adalah sosok yang diandalkan dan ditiru. Ada satu scene dimana anak Bangtan nge-dance dengan seragam yang sama seperti Rap Mon yang menunjukan kalo mereka bakalan ngikutin si Leader satu ini.
Sorry Rap Mon, sorry
-          Jimin sebagai Pegawai Kantoran
Profesi ini udah tipikal kaum urban banget. Profesi yang cukup diidam-idamkan banyak orang atas dasar satu pertimbangan kuat, gaji bulanan dan THR (kalo di Korea ada THR itu mah). Walopun kerja lo nggak maksimal, gaji bulanan akan tetep ngalir. Nggak beda jauh mungkin sama PNS gitu. Jadi karyawan kantoran ini ada dalam wilayah nyaman atau comfort zone. Ibaratnya lo nggak usah terlalu pusing karena besok lo dijamin masih punya uang hidup.
Nggak usah dibahas panjang kenapa profesi jenis ini memuakkan. Udah pastilah, rutinitas sama, ketemu orang-orang sama, tiap hari, kerja kaya robot dan nggak bisa sering-sering kreatif. Ya gue mah makasih aja sih kalo ditawarin jadi karyawan kantoran sebagai karir utama. Jadi pegawai gini emang nggak gampang mundurnya tapi juga nggak maju-maju, kecuali kalo lo penjilat ya maju pesat tapi tetep aja stress, banyak lembur dan harus ngadepin bos tiap hari. Tiada hari tanpa menjilat deh. Yah, in one word, sangat memuakkan.
Gimana Jimin memerankan karakter ini? Nggak cocok menurut gue. Karakter pegawai kantoran terlalu dewasa untuk anak sepecicilan Jimin. Dia pantesnya pake baju TK dan bawa permen. Seriusan, Jimin nggak bisa ditempel dengan sesuatu yang seserius itu karena tingkahnya yang… sudahlah. Bahkan mungkin pas dipakein seragam kantoran gitu, stylish nunanya ampe kesel dan menjerat leher Jimin dengan dasi nyekek leher. Tengok aja pas part-nya Jimin yang, “Ireon ke Bangtan Style…” dia kan melonggarkan dasinya.
-          V sebagai Detektif
Gue juga dulu pengin jadi detektif. Gara-garanya ya pasti kepengaruh tontonan waktu itu. Ada Detektif Conan, jelas, Sherlock Holmes, Detektif Kendaichi, Detektif School Q sampe baca novel-novelnya Agatha Christi dan bikin gue sok-sokan serius dimanapun gue berada. Kenapa bisa detektif jadi profesi yang cukup diminati? Karena jadi detektif itu challenging. Adrenalinenya gede dan pasti kepuasan tersendiri kalo mecahin kasus. Kan keren. Bisa dibilang detektif juga karatker yang misterius tapi selalu berpihak pada kebenaran. Alah bahasanya.
Tapi jadi detektif juga bisa bikin muak. Gimana sih rasanya jadi seseorang yang diharapkan bisa menyelesaikan suatu kasus? Stressful, jenuh kalo kasusnya rumit dan stuck disitu-situ aja, muterin TKP sampe jadi pak RT-nya, ngotak-atik barang bukti sampe lecet masih belum nemu juga. Walopun sekali lagi, kalo nggak mau pusing jangan jadi detektif sih. Tapi tetep aja, ada kalanya detektif perlu yang namanya ‘nggak mikir dulu.’ Kehidupan detektif lebih banyak mikirin kasus dibanding kekasih hatinya. Gimana nggak muak? Jiahhh.
Yang gue salut adalah Kim Taehyung demi Tuhan jadi lucu banget dia dipakein baju yang nuga bwado Detektif Conan gitu. Untuk seseorang yang hampir 20 tahun, Taehyung termasuk awet muda dan sangat 14 tahun. Feelingnya sama persis ketika gue pertama kali ngeliat Baekhyun (ini diluar mereka berdua mirip sih), bocah banget. Tapi bagus dan cocok. Bisaan emang kpop mah, coba Austin Mahone yang ditempelin suit Detektif Conan… I don’t think it’s suitable. Untungnya Taehyung dikasih konsep Detektif Conan, coba kalo konsepnya sosok yang lebih serius… gue nggak mau ngebayangin.
-          Jungkook sebagai Polisi
Ini lagi profesi favorit. Akademi kepolisian dari jaman kapan kayaknya nggak pernah sepi peminat deh, dari cowo, cewe, kaya, miskin semua ngincer jadi Abdi Negara yang badannya sama semua. Jadi polisi yah kita tau, tugasnya melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Tapi diatas itu semua, jadi polisi itu keren karena bisa nangkep penjahat sambil nodongin senjata ke hidungnya. Kurang keren apalagi?
Tapi semua orang juga tau kalo tugas polisi itu berat. Taruhannya nyawa, mirip-mirip Jendral-lah. Belum lagi polisi sering dapet image buruk cuma gara-gara satu dua oknum. Kadang kalo polisi nilang, yang lebih galak justru yang kena tilang. Eh nggak tau ding kalo di Korea. Tapi jelas jadi polisi juga memuakkan, apalagi ketika kita ikut komandan. Musuh di depan mata udah siap ditembak tapi komandan bilang ‘tahan’ kan nggak jadi. Muak kalo posisinya harus jadi bawahan. Jadi atasan juga sebenernya bisa memuakkan sih. Dan sekali lagi gue bukan polisi jadi gue nggak tau persis.
Di MV ini Jungkook terlalu berat dipakein seragam polisi gitu. Maknae kurang ajar kayak dia harusnya dipakein baju yang lebih fun. Mungkin kalo dituker profesinya sama J-Hope masih bisa. Atau ganti profesi lain. Misal, dia kan masih sekolah tuh, pakein aja seragam sekolahnya. Toh pelajar juga salah satu profesi, yang diidamkan sekaligus memuakkan. Dibalik itu semua, gue sih hanya berharap semoga Jungkook jangan nempel-nempel Jin terus (Apa pula hubungannya?)
Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa nggak ada profesi penyanyi yak? Ya karena penyanyi nggak memuakkan lah, kan mereka penyanyi. Ini kan lagunya anak Bangtan.
Dan sekarang, kita intip liriknya…Gue ngambil translatenya dari pop gasa!

[Welcome, first time with BTS?]
Gue nggak ngerti beneran apa maksud Rap Mon ngomong begituan. Mungkin kata-kata untuk fans baru yang kenal Bangtan lewat lagu ini atau bisa juga ke semua fans kalo mereka pertama kali ngeliat konsep profesi lewat MV Bangtan. Yah gue aja masih ngeraba maksudnya.

[Ayo ladies and gentleman, If you’re ready I’ll start, yeah
Differently from other guys. With my style, my style]
Jungkook jelas pengin memperkenalkan, ini lho gaya Bangtan nih begini, beda ama cowok lain.

[I worker all night, every day, while you’re playing in the club
Don’t be surprised and listen everyday, I gotta feel I gotta feel I’m kind a sick]
Ini adalah sesi dimana Jimin curhat, dia kerja ampe lembur sedangkan teman-temannya lagi asik joget di club. Dia mulai memprovokasi kalo dia mulai muak.

[Sick, sick, sick the smell of sweat in our studio
Look, my ringing dance moves answer, all of you are so weak, such losers, crybabies and idiots
Has nothing to do with me cuz I’m sick with hope haha]
J-Hope malah curhat kehidupan aslinya sebagai anak Bangtan. Dia ngedance di studio mereka yang ber-AC bau keringat. Bahkan sampai dia udah nggak percaya lagi sama harapan buat debut. Ya mungkin anak-anak itu pernah ngerasa kayak gitu.

[OK, we’re sick from our head to toes. We’re sick with work for half our days
We live sickly in our studious, our youths may rot away
But thanks to that, we’re running to success, Girls, scream louder, let it ring]
Masih seputar kehidupan asli anak Bangtan, Suga juga udah sakit seluruh badan. Udah cape kerja seharian, masa muda terenggut pula. Tapi kalo nggak gitu mereka mungkin nggak sesukses ini. Intinya, worth-lah mengorbankan masa main-main demi kesuksesan seperti sekarang. Aduh bentar ngelap air mata dulu…

[I worker all night, every day, while you’re playing in the club
Differently from other guys, I don’t wanna say yes 2x]
Ini bisa jadi titik muaknya sih, kerja lembur sementara dia ngiler pengin ke club kayak orang lain. Mereka beda dari cowo kebanyakan, ya gitu deh.
[Make some noise, all right, till your body burns up, all night, (all night)]
[Cause we got fire (fire!), higher (higher!)
[I gotta make it, I gotta make it, it’s sick]
Saking muaknya, udahlah ya berisik aja, have fun aja sampe have fun pun terasa muak. Mungkin begitu pesan implisit dari part ini.
[Reject rejection, I was always too much
Everyone follows me, it’s sick
Reject rejection, you are all my slaves
Everyone follows me, it’s sick]
Part ini nggak jauh beda, intinya kita menolak hal-hal yang bikin muak dan pokoknya kita disuruh ngikutin anak Bangtan aja supaya kita semua nggak dalam keadaan yang bikin muak.

[Sampo generation1, ohpo generation. Well I like beef jerky so it’s yookpo generation2
The media and adults say we don’t have will power, condemning us like stocks]
Line pertama, asli, I have no idea, tolong kasih tau gue itu Rap Mon maksudnya apaan. Tapi part selanjutnya ini nih gue baper lagi, bahwa orang di luar sana dengan seenaknya bilang kalo kita nggak punya keinginan kuat dan mendeskriminasi kita untuk nggak melakukan banyak hal. Cuma karena satu hal, karena kita muak.
[Why are they killing us before we can even try? Enemy enemy enemy
Why are you hanging your head and accepting it already? Energy energy energy]
Kalo yang ini bapernya maksimal, kita belum ngapa-ngapain aja udah di bash, udah di tolak dimana-mana, udah dianggap musuh. Tapi yang lebih ngeselin, kenapa kita diem aja? Energi kita kemana? Skill kita kenapa nggak keluar?
[Don’t ever give up, you know you not lonely. Our dawn is prettier than the day
So can I get a little bit of hope? Yeah]
Yang ini intinya kita nggak boleh nyerah. Kita nggak sendirian kok. Kita bisa berharap lagi dari subuh. Intinya adalah, jangan telat sholat subuhnya. Yeah aja.

[This is Bangtan style. Different from the lying wacky jobs
Every day is about the hustle life, I gotta make it I gotta make it I’m kinda sick
Say what, say wo wo, say what, it’s sick.]
In the end, gaya Bangtan ya kayak gini. Kerjaan mereka beda dari orang kebanyakan, mereka harus gerak cepat. Yang cepat aja bisa bikin muak, gimana yang kerjanya lamban kayak siput? Ya gitu deh.

Seru banget MV-nya, kreatif. MV-nya di studio tapi nggak ngebosenin, bukan drama version tapi bercerita. Entah kapan gue bisa “Jjoro” sama “Jjoro” ini. Lagunya sampe saat ini belum ‘jjoro’ karena masih termasuk fresh from the oven. Tapi mana tau? Boy in Luv aja masih gue puterin berulang-ulang, siapa tau Dope juga jadi tracklist yang awet di playlist.

2 komentar:

  1. hallo aku mau nanya boleh yaaa.... lagu dope itu masuknya ke album bts yg apa ya? maaf nih aku baru kenal bangtan akhir2 ini, padahal mereka udah debut 2tahun yg lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Msh di album the mood of love pt1, breng I need you

      Hapus