Sabtu, 08 Agustus 2015

Infinite ‘Bad’

Pernah nggak sih lo merasa orang-orang yang biasanya mendukung lo perlahan cuek dan ignorant? Anggap aja semua manusia di dunia ini pernah ngalamin hal kayak gitu. Gue pernah ngalamin. Dimana temen yang biasanya support tapi akhir-akhir ini jadi jauh. Bukan karena mau ngelupain atau udah nggak peduli lagi, cuma memang lagi ada satu titik dimana orang berubah, orang ada di titik jenuh, ditambah lagi ada orang lain yang lebih fun dari kita. Dia nggak ngelupain kita, cuma karena akhir-akhir ini deketnya sama orang itu, jadi sama kitanya terasa jauh. Nggak bisa dipungkiri juga, selain jadi objek yang ‘sementara dilupain’, gue juga terkadang jadi ‘orang yang sementara ngelupain’. Bukan karena gue beneran pengin ngelupain semua temen-temen gue itu, tapi ada titik dimana gue lagi deket sama yang lain dan ya mengalir aja gitu, jadi jauh sama temen yang biasa saling support.
Terus gimana kalo kita lagi kangen dan istilahnya pengin temen kita itu balik lagi gabung sama kita? Berubah dong pasti, kita bakalan berusaha memikat hati temen kita itu. Misal, pas dulu kita masih saling support, kita sama-sama suka pizza, tapi karena taste temen kita udah berubah jadi suka gado-gado, kita juga nyoba suka gado-gado, biar temen kita mau gabung kita lagi. Intinya ada usaha lah.

Dan itu yang gue liat di comeback Infinite kali ini. (Padahal nggak ada hubungannya sih)
Gue suka Infinite sejak dashi dorawa, jaman-jaman mereka bertujuh nge-dance rapi banget dengan rambut klimis, seragam kompak dan pake kaos kaki. Bisa dibilang, gue ngikutin update mereka dari comeback ke comeback, solo-nya Sunggyu, Infinite H, Infinite F sampe variety show dan drama-drama mereka. Tapi beberapa bulan terakhir, gue punya titik jenuh. Gue mulai suka update boyband lain yang menurut gue lagu-lagunya lebih bikin baper. Bukan karena gue ngelupain Infinite, tapi gue emang lagi nggak mood update mereka dan jadi lebih sering denger lagu hip hop-nya BTS. Dan gue rasa Infinite ngerasain hal itu.
Dia ngerasa ada fansnya yang lagi keracunan hip hop. Maka, karena lagi kangen sama fansnya dan pengin fansnya balik lagi support mereka, comeback kali ini di MV “Bad” ada unsur-unsur hip hop gitu, tapi tetep bau dan rasanya Infinite. Mereka berhasil menarik fans kayak gue buat excited ke mereka lagi.
Tapi itu perasaan gue aja sih. Gue bukan Inspirit yang ngefansnya Infinite hana bakke eobso. Gue kan nyabang, kadang suka ini suka itu tapi emang Infinte salah satu boyband yang updatenya gue ikutin terus. Intinya gue seneng Infinite nggak ganti genre tapi mereka nyelipin hal-hal yang fresh dan itu bagus banget. Selama gue ngikutin Infinite, emang nggak ada yang mengecewakan sih.
Nah gimana sama MV-nya?
Selain Be Mine Japanese version, Infinte nggak pernah ngasih Inspirit papan kardus. MV mereka selalu punya cerita. Salah satu alasan kenapa gue suka infinite ya ini, nggak cuma manjain fans dengan lagu bagus tapi kita juga dikasih MV yang bikin mikir. Termasuk ‘Bad’ ini.
Dimulai dengan Sunggyu yang lari-lari heboh seperti lagi diteriakin copet, MV ini udah bikin gue penasaran. Ini cerita gangster bukan sih? Ternyata bukan. MV nya malah lebih ke misterius gitu. Ada model cewe juga yang gimana sih gue nyebutnya, bisa di bilang hantu tapi bisa juga dibilang imajinasi anak-anak Infinite aja. Yang mencolok lagi di MV ini adalah part dimana member infinite bercermin tapi yang terpantul malah bukan dirinya melainkan member lain. Dongwoo jadi Hoya, Hoya jadi Myungsoo, Sungyeol jadi Sungjong dan sebaliknya. Mungkin mau menunjukan bahwa kita walopun bercermin lebih terlihat seperti orang lain dibanding kita sendiri. Ada juga adegan mecahin kaca, karena pantulan cermin itu bukan diri mereka sendiri jadi mereka nggak terima. Bisa juga karena mereka takut kenapa mereka berubah jadi orang lain. Drama kan jadinya?

Nah terus gimana sama Sunggyu yang udah lari-lari dengan tangan diperban tiba-tiba berhenti dan ternyata yang ngejar adalah bayangan dia sendiri, di dalam cermin pula. Bisa disimpulkan kalo rasa takut tadi sebenernya berasal dari diri kita sendiri. Rasa takut itu kita sendiri yang menciptakan. Lo mencoba berlari bukan karena ada yang ngejar tapi karena lo takut sama diri sendiri dan ngerasa lebih baik kabur aja. Tapi mau sejauh apapun kabur, rasa takut itu nggak bakalan ilang sendiri, justru rasa takut itu harus dihadapi supaya rasa takut itu benar-benar kita taklukan. Ada dua kemungkinan sih ketika kita menghadapi rasa takut, pertama, rasa takut itu jadi ilang, kedua, kitanya yang ilang. Tapi kalo nggak dihadepin ya nggak bakalan selese. Muter-muter aja di tempat. Kayak lagi di PHP-in, lho lho lho…
Di akhir MV aja udah dijelasin, member lain tersedot hantu cewe itu karena mereka nggak mau menghadapi rasa takut, tapi Sunggyu, tetap berdiri tegap di parkiran karena mau ngadepin cermin itu. Pesan dari MV Bad ini adalah walopun lo takut sama hal-hal yang jelek tentang lo dan lo benci sama semua kejelekan yang ada dalam diri lo, lo tetep harus menghadapi semuanya. Intinya jujur sama diri sendiri sih, sadar aja kalo lo punya kekurangan karena lo manusia dan emang kekurangan itu harus dihadapi buat lebih baik kedepannya. Bentar-bentar, ini bahasan gue malah jadi kemana-mana.


Gimana sama lagu Bad itu sendiri? Seperti biasa karena bahasa korea gue masih ngambang dikit-dikit ngerti tapi lebih banyak nggak ngertinya, gue ambil English translation dari kpoplyric aja. Dan, yah cukup membuat gue mikir lagi. Lagu ini sebenernya berhubungan sama MVnya kalo main cast di MV itu adalah cewe kayak hantu tadi. Cewe itu yang bikin member infinite berubah jadi orang lain, cewe itu yang bikin mereka takut, cewe itu juga yang bikin anak-anak infinite bingung, lo sebenernya suka sama gue atau nggak sih? Langsung aja deh cek liriknya.

Your eyes have grown cold again
Your sharp tongue digs into me, please stop
I can’t take it anymore
Diawal lagu aja udah digambarkan sosok seperti apa si pujaan hati ini. Tatapan matanya jadi dingin lagi, padahal biasanya hangat seperti wedang jahe. Terus omongannya kayak rendang dibumbuin cabe tiga kilo, pedesss. Ya udah deh, udah nggak kuat kan?

You come to me like you have me, you wrap around me
Then you disappear like a dream
With no time to touch, I’m captivated by you
Tiba-tiba aja dia dateng sok akrab, jadi beneran deket tapi kemudian udah kayak mimpi aja, tiba-tiba ngilang. Yang ngeselin, justru itu yang bikin cepet jatuh cinta.

I’m afraid that I’m being ruined by you
Though you’ll shake me up and turn around
Sebenernya takut kalo dia bisa merusak siapa diri kita. Ibaratnya Infinite ini udah dipudarkan warna aslinya tapi dia nggak mau mewarnai, kan jadinya mereka kehilangan jati diri. Dia udah bikin deg-degan sedemikian rupa terus dengan entengnya balik badan aja.

Betting on you
I’m betting on you
Betting on you
I can’t just let you go like this
Pokoknya udah nggak bisa dibiarin, dia nggak bisa seenaknya pergi gitu aja karena udah bikin seseorang bergantung sama dia.

Bad Bad Bad Bet a bad bad girl
Whenever I see you, you’re such an unfamiliar girl
Bad Bad Bad Bet a bad bad girl
You always make me so nervous
Tiap kali ngeliat dia bawaannya kayak nggak kenal tapi selalu bikin gugup, bikin takut gitu.

You take me here and there, you’re like a rollercoaster
Here and there, you’re so bad
Ini nih yang bau PHPnya menyengat banget, perasaan udah dibolak-balik kayak roller coaster, yah indeed kata-kata you’re so bad udah menjelaskan semuanya.

Even your lies are sweet, your lips are like a warning, like a red
You whisper in my ears
Lose ma focus because of your spell
Things are getting erased one by one, I can only see you
I’m not afraid of the tomorrow I’ll face
Now hurry and take me in this rough trembling
Bahkan kebohongan pun terasa manis, bibirnya udah kayak tombol emergency, yang kalo udah nyala kita jadi panik. Hal-hal yang ada udah mulai hilang dan yang tersisa hanya dia seorang. Otak isinya dia, hati isinya dia. Siap buat menghadapi hari esok karena udah punya dia yang merepresentasikan segalanya. Halah…

I keep losing you, like you’re slipping through my fingers
It’s like I can see you but I can’t
The answer is you
Now I can’t turn back
I can’t stop myself now
I’m betting on you
Dia tuh kaya belut, bisa lolos di sela-sela jari. Mau dicengkeram malah hilang. Rasanya dia terlihat tapi malah nggak. Intinya udah nggak bisa kemana-mana karena udah bergantung sama si dia.

I can’t just let you go
Intinya lagi, dia jangan sampe lepas, harus dapet tuh.

Secara keseluruhan, isi lagunya cinta yang lagi digantung gitu ya? Udah dikasih perhatian pasti lah kita bakal kejar sampe akhir, jangan sampe lolos. Makanya kalo digantungin rasanya cape, nggak lanjut tapi juga nggak mati-mati, kan nggak jelas. Mudah-mudahan sih gue nggak ngalamin yang kayak gitu, denger cerita temen aja ribet. Udah deh, apalah gue nggak expert masalah ginian. Gue mah butuhnya Infinite comeback lagunya bagus dan nggak ngecewain. Gitu aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar